Tips Calon Pengantin Baru: Rawat Rambut (1)

Monday, 22 June 2015 Wedding Tips

Iklim negara tropis bisa jadi merupakan sumber masalah bagi rambut calon pengantin baru. Padahal, asal tahu triknya, Anda dapat membanggakan mahkota Anda tersebut. Rambut rontok, pecah- pecah, kering, dan berketombe memang masalah umum bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis. Sinar matahari yang bersinar hampir sepanjang tahun dan udara lembab menjadi pemicunya. Belum lagi, asap kendaraan yang bisa merusak kesehatan rambut. Untuk menangani masalah yang dihadapi rambut Anda, identifikasi dulu penyebabnya. Perawatan yang salah justru akan menambah masalah. Permasalahan rambut yang kerap muncul:

1. Rambut dan Kulit Berminyak

Kulit kepala berminyak membuat rambut tidak dapat mengembang lama. Kalaupun mengembang, paling hanya sesaat setelah keramas. Lalu, rambut menjadi lepek dan terlihat berminyak. Ini karena ada penumpukan lemak di bawah kulit akibat aktivitas kelenjar lemak yang berlebihan. Solusinya? Keramaslah dua hari sekali dengan shampoo khusus rambut berminyak. Bila kasus Anda termasuk parah, Anda bisa keramas setiap hari, asal gunakan shampoo yang lembut. Gunakan pelembab hanya di ujung rambut saja. Ini bisa dilakukan tiga hari sekali atau seminggu sekali. Hindari menyisir terlalu sering. Salah- salah, minyak malah dapat menempel di sisir dan terbawa ke seluruh lapisan rambut Anda.

2. Ketombe

Ketombe memang musuh rambut. Penyebabnya adalah sejenis jamur di kulit kepala yang membuat pertumbuhan sel kulit kepala lebih cepat dari normal. Kelebihan sel kulit kepala ini pun seperti mendesak yang sudah ada dan terlihat seperti sisik- sisik putih. Awalnya tidak terasa gatal dan disertai dengan kerontokan rambut. Namun, jika kulit kepala sudah mulai lembab, rasa pun gatal timbul. Banyak penyebab ketombe, seperti iklim tropis, stres, pemakaian hair spray berlebihan, pemakaian cat rambut yang terlalu keras, atau menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Untuk kulit kepala yang berketombe, creambath adalah suatu keharusan. Gunakan shampoo anti ketombe dan pijatlah kepala secara perlahan, jangan menggaruk. Bilas dengan air dingin, agar pori- pori menutup. Bila ketombe sudah hilang, calon pengantin baru bisa menggunakan shampoo anti ketombe 1- 2 kali seminggu diselingi shampoo biasa. (MW)

Artikel Terkait