8 Tips Efisien Tentukan Vendor Pernikahan

Tuesday, 19 January 2016 Wedding Tips

Bagi calon pengantin, kamu pasti ingin pesta pernikahan berjalan sempurna dan tidak kekurangan hal apapun. Untuk itu, kamu harus memilih vendor pernikahan yang sesuai agar dapat mewujudkan pesta yang sesuai harapan. Namun banyaknya pilihan vendor pernikahan yang ada sekarang akan sangat membingungkan pastinya. Sebelum menentukan pilihan pada satu vendor, lihat dulu delapan tips yang harus Kamu perhatikan untuk mendapatkan vendor pernikahan yang tepat seperti dilansir dari eHow berikut ini.
1. Buatlah bujet. Mulailah menghilangkan beberapa daftar vendor yang harganya jauh di atas bujet yang telah dipersiapkan, untuk lebih menghemat waktu. Setelah itu, Kamu juga harus membuat persentase mengenai uang yang harus kamu keluarkan untuk tempat, dekorasi, gaun dan lainnya. Misalnya, bila kamu merencanakan pesta pernikahan dengan tema pesta kebun, maka persentase pengeluaran kamu misalnya:

 

Kue: 2-3%

gaun: 3-5%

Bunga: 5-15%

Fotografi: 7-13%

Makanan resepsi: 35-55%
2. Bicaralah dengan manajer tempat pernikahan kamu. Biasanya ia telah memiliki pengalaman yang banyak dengan pernikahan sebelumnya. Jadi, dia akan membantu Kamu memilihkan vendor pernikahan yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, manajer dari tempat pernikahan Kamu tahu betul mengenai profesionalisme dari vendor-vendor yang pernah mengadakan acara ditempatnya, sehingga akan merekomendasikan kamu vendor terbaik yang bisa bekerjasama dengan pihak tempat acara dan calon pengantin.
3. Kunjungi pameran pernikahan. Pameran semacam ini sering sekali ditemui, dan disini pula kamu akan memiliki banyak pilihan vendor dalam satu tempat. Kamu bisa membandingkan hasil kerja vendor-vendor tersebut dari portofolio mereka dan menemukan inspirasi baru bagi pernikahan.
4. Menyewa wedding organizer. Wedding organizer memiliki akses pada banyak vendor dan akan menyesuaikan pilihan vendor dengan tema serta bujetmu. Mereka juga akan mempersiapkan segala sesuatunya bahkan detail kecil yang sering terlupakan oleh calon pengantin.
5. Potongan Harga. Dengan mengkombinasikan pelayanan yang ditawarkan, seperti menyewa gaun pengantin berikut fotografer pernikahan mungkin Kamu akan mendapatkan penawaran menarik seperti potongan harga. Cari vendor yang menawarkan potongan harga tapi tidak menurunkan kualitas. Perencanaan pernikahan membutuhkan budget yang tidak kecil, untuk itu memotong beberapa pengeluaran dengan memanfaatkan diskon akan sangat bijak dilakukan, maka pintar-pintarlah menegoisasi harga dari masing-masing vedor pernikahanmu
6. Bicara dengan keluarga dan teman dekat yang telah menikah. Mintalah saran-saran dari orang terdekat Kamu untuk memilih vendor yang berkualitas. Karena pernikahan adalah momen sekali seumur hidup, orang terdekat pun akan memberi saran yang terbaik. Atau Kamu juga bisa menilai dari website vendor-vendor pilihan Kamu. Lihat review dari konsumen yang pernah mencoba vendor itu dan cari tahu kepuasan pelanggannya.
7. Kunjungi vendor yang potensial. Sebelum hari pernikahan, sering-seringlah datang dan konsultasi ke vendor yang potensial dan telah menjadi pilihan Kamu. Pilihlah vendor pernikahan yang ramah dan mampu menjawab pertanyaan Kamu secara jelas serta mengerti keinginan Kamu.
8. Tandatangani kontrak. Sebelum Kamu menkamutangani kontrak yang mengikat tersebut, pastikan Kamu benar-benar membaca syarat dan kondisi untuk menghindarkan Kamu dari pengeluaran tambahan yang tak terduga. Selain itu, pastikan Kamu mendapat ganti rugi jika vendor mendadak tidak bisa menangani pesta Kamu.

Red/MHDC

Foto: King Foto

 

Artikel by gebyarpernikahanindonesia.com

Artikel Terkait