5 Fakta Danau Toba, Dari Keindahan Sampai Letusan Gunung Toba

Indonesia merupakan negara yang banyak dengan keindahan alam. Banyak sekali gunung, danau, serta pantai yang terletak di Indonesia dengan kekayaan alam yang banyak diincar oleh para wisatawan.

Danau Toba adalah danau yang terletak di tengah pulau Sumatra Utara. Dengan keindahan alam yang sangat kuat serta tempat wisatanya yang terkenal, membuat Danau Toba banyak dijadikan tempat untuk berlibur.

Dengan sejuta keindahannya, simak 5 fakta dari Danau Toba yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Diklaim sebagai danau terbesar di Indonesia
Selain memiliki pemandangan yang sangat mempesona, danau ini juga dinobatkan menjadi danau yang terbesar di Indonesia. Dengan luas 1.130km dan kedalaman air yang mencapai 510m. Diketahui juga danau ini memiliki 7 kabupaten yang sangat luas.

2. Dulunya adalah Gunung Berapi
Sebelum menjadi sebuah danau, Danau Toba ini dulunya merupakan Gunung kaldera yang terbentuk karena erupsi yang sangat besar dari gunung yang masih aktif itu.
Setelah gunung tersebut meletus dengan sangat dahsyat disusul dengan supervolcano yang diketahui meletus saat 1000 tahun yang lalu, gunung ini kemudian membentuk Danau yang sekarang bernama Danau Toba.

3. Terdapat banyak air terjun di Danau Toba
Bukan hanya pemandangan danau dan bukit yang indah, ternyata Danau Toba juga memiliki air terjun yang tak kalah menarik untuk dinikmati disaat sedang liburan.
Air Terjun itu berupa Sipiso-piso, Situmurun, Efrata, Binanga Bolon, dan yang terakhir Sigura-gura.

4. Memiliki danau kecil
Danau Toba ini sangat luas, sehingga membagi banyak kabupaten dan daerah banyak. Siapa sangka, didalam danau toba ini masih ada danau kecil yang sekarang dinamai Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Dengan julukan Danau di Atas Danau, kedua danau ini juga tak kalah cantik dari Danau Toba meski tidak begitu luas.

5. Cerita Rakyat tentang Ikan Mas
Berdasarkan cerita rakyat, dulu ada nelayan yang menangkap seekor ikan mas yang berubah menjadi seorang wanita cantik. Ketika mereka mempunyai anak, nelayan kesal dengan anak tersebut lalu memanggilnya sebagai anak ikan.
Sang ibu yang merupakan seekor ikan lalu kecewa dan kembali menjadi ikan, dan nelayan yang menangis sampai membentuk danau disebut danau toba lalu sang anak yang berlari hingga kepemukiman teratas membentuk menjadi pulau Samosir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *